PHP

https://www.jetorbit.com/blog/pengertian-php-dan-kegunaannya/

Daftar Isi :

  • Apa itu PHP?
  • Kelebihan bahasa pemrograman PHP
  • Kekurangan bahasa pemrograman PHP

PHP adalah bahasa skrip dengan fungsi umum yang terutama digunakan untuk pengembangan web.[4] Bahasa ini awalnya dibuat oleh programmer Denmark-Kanada Rasmus Lerdorf pada tahun 1994. Implementasi referensi PHP sekarang diproduksi oleh The PHP Group. PHP awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page, tetapi sekarang merupakan singkatan dari inisialisasi rekursif PHP: Hypertext Preprocessor.

Kode PHP biasanya diproses di peladen web oleh interpreter PHP yang diimplementasikan sebagai modul, daemon, atau sebagai Common Gateway Interface (CGI) yang bisa dijalankan. Di server web, hasil dari kode PHP yang ditafsirkan dan dieksekusi (dapat berupa semua jenis data, seperti HTML atau data gambar biner) akan membentuk keseluruhan atau sebagian dari respons HTTP. Berbagai sistem templat web, sistem manajemen konten web, dan kerangka kerja web ada yang dapat digunakan untuk mengatur atau memfasilitasi pembuatan respons itu. Selain itu, PHP dapat digunakan untuk banyak tugas pemrograman di luar konteks web, seperti aplikasi grafis mandiri dan kontrol drone robotik. Kode PHP juga dapat langsung dieksekusi dari baris perintah.

Kelebihan Bahasa Pemrograman PHP

1. Lebih mudah dipelajari

PHP memang jauh lebih mudah dipelajari, karena cukup dengan melakukan konfigurasi. Setelah itu penggunanya bisa menjadikan sebagai bahasa pemrograman pada tingkat entry level. Tingkat tersebut berada dalam tahap belaja, sehingga para pemula pengembangan website tidak akan merasa kesulitan.

2. Mempunyai community besar banyak komunitas PHP

Ada banyak sekali website yang seringkali menggunakan PHP untuk dijadikan sebagai bahasa pemrograman dalam melakukan pembuatan aplikasi website. Salah satu contoh website yang sudah terkenal dalam penggunaan PHP yaitu seperti Yahoo, Facebook, WordPress, Wikipedia ataupun yang lainnya.

Hal ini dikarenakan PHP mempunyai community yang cukup besar. Dengan adanya forum tersebutlah, maka akan lebih memudahkan para anggotanya dalam membahas sekaligus bertukar pikiran pada pemrograman PHP yang saat ini memang sudah banyak bermunculan di berbagai situs.

3. Lebih ringkas

Keunggulan lain dari bahasa pemrograman PHP adalah para programer website akan merasakan kemudahan tersendiri karena PHP dianggap jauh lebih ringkas. Salah satunya yaitu dari segi proses instalnya yang tidak membutuhkan setting secara berlebihan.
Itu karena untuk konfigurasi pada database juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah. Proses pengembangan tidakmembutuhkan waktu yang lama, maka sudah bisa membuktikan bahwa proses pembuatan PHP menjadi lebih praktis dan ringkas.

4. Open source

PHP sebagai bahasa pemrograman yang open source, maka para pengguna bisa menggunakan PHP dengan sangat bebas dan gratis. Para pengguna tidak diharuskan memberi royalti berbentuk apapun. Akan tetapi para penggunanya berkewajiban memiliki PHP atau license yang dimiliki oleh PHP Group.

5. Memiliki perkembangan yang cukup cepat

Proses pembuatan aplikasi melalui PHP ini dianggap jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan mengembangkan pada suatu aplikasi website dengan bahasa pemrograman yang lainnya. Di dalam bahasa pemrograman PHP ini memiliki perkembangan yang cukup cepat, karena memiliki banyak sekali boiler, tools, yang sudah disediakan pada PHP secara open source.

6. Memiliki maintenance yang lebih mudah

Web yang sudah menggunakan bahasa pemrograman PHP proses update bisa dilakukan dengan sangat mudah dan baik. Hal ini karena PHP memiliki sifat interpreter. Selain itu, untuk melakukan upgrade pada versi yang baru penggunanya tidak perlu melakukan konfigurasi secara ulang.

Kekurangan Bahasa Pemrograman PHP

1. Memiliki banyak kompetisi

PHP memang memiliki banyak komunitas, yang mana hal ini justru membawa kompetisi yang tergolong lebih ketat. Para web developer akan semakin bertambah setiap harinya. Para pebisnis yang berharap produknya bisa terkenal, bisa menggunakan PHP dan harus mengembangkan aplikasi bisnisnya agar dapat bersaing secara kompetitif.

2. Tidak dilengkapi dengan tipe data

Perlu diketahui bahwa untuk PHP ini tidak mempunyai tipe data, sehingga pada bahasa pemrograman sering muncul bug-bug yang tidak berkaitan dengan standar tipe data PHP. Sementara untuk kekurangan yang satu ini memiliki hubungan terhadap pengalaman developer yang sedang menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman.

3. Rawan pembajakan

Sifat dari PHP adalah interpreter, sehingga cenderung lebih rawan terhadap pembajakan. Salah satu penyebabnya yaitu shortcode pada aplikasi bahasa pemrograman PHP ini dapat diubah dan dimodifikasi dengan mudah. Sebab itulah PHP kurang tepat digunakan sebagai pengembang aplikasi.

4. Kurang prestisius

Jika dibandingkan pada bahasa pemrograman yang lainnya, untuk PHP ini dianggap kurang prestisius, karena memiliki kesan yang kurang aman maupun memiliki celah yang terbatas. Penyebabnya yaitu karena pengembang belum mengetahui secara penuh tentang standar dalam pembuatan aplikasi menggunakan PHP yang benar.

Daftar Pustaka :

1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/PHP

2.https://makinrajin.com/blog/kelebihan-dan-kekurangan-php/

Tinggalkan komentar